Apakah Artificial Intelligence (AI) atau
Intelegensi Buatan atau kepintaran buatan itu? AI dapat didefinisikan sebagai
suatu mesin atau alat pintar (biasanya adalah suatu komputer) yang dapat
melakukan suatu tugas yang bilamana tugas tersebut dilakukan oleh manusia akan
dibutuhkan suatu kepintaran untuk melakukannya. Definisi
ini tampaknya kurang begitu membantu, karena beberapa ahli berpendapat,
kepintaran seperti apakah yang dapat dikategorikan sebagai AI. AI yang pada era
globalisasi sekarang ini perkembanan AI sudah sangat fantastis, AI dapat
diaplikasikan untuk membantu manusia melakuakan aktifitas sesulit apaun itu
akan menjadi mudah dengan AI dan hasilnyapun akan lebih akurat dan juga tapat.
Aplikasi AI sekarang ini terlihat hampir disemua bidang, bidang pertahanan
keamanan, bidang indistrialisasi, didang pendidikan, dan sebagainya.
Pengertian lain dari
kecerdasan buatan adalah bagian ilmu komputer yang membuat agar mesin
komputer dapat melakukan pekerjaan seperti dan sebaik yang dilakukan manusia.
Pada awal diciptakannya, komputer hanya difungsikan sebagai alat hitung saja.
Namun seiring dengan perkembangan zaman, maka peran komputer semakin
mendominasi kehidupan manusia. Komputer tidak lagi hanya digunakan sebagai alat
hitung, lebih dari itu, komputer diharapkan untuk dapat diberdayakan untuk
mengerjakan segala sesuatu yang bisa dikerjakan oleh manusia.
Dalam kecerdasan buatan ada beberapa penerapannya yaitu:
1.
Aplikasi Kecerdasan
Buatan Dalam Bidang Pertahanan dan Keamanan
2.
Aplikasi Kecerdasan Buatan Dalam Bidang
Ekonomi dan Bisnis
3.
Aplikasi Kecerdasan Buatan Dalam Bidang
Pendidikan
Sebelum membahas tentang Aplikasi
Kecerdasan Buatan Dalam Bidang Pendidikan disini ada hal-hal yang bias AL
lakukan di bidang pendidikan, yaitu:
1.
Pembelajaran yang lebih cerdas
2.
Identifikasi bila siswa tak mengerti
3.
Menilai tugas
Disini saya akan menjelaskan tentang Aplikasi Kecerdasan Buatan
Dalam Bidang Pendidikan yang dimana yang akan dibahas setara dengan judul yang
diatas.
Ada
beberapa contoh aplikasi kecerdasan buatan di dalam bidang pendidikan namun
disini yang akan dipilih sebagai contoh ialah game Edukasi Bookworm Deluxe. Game edukasi merupakan media pembelajaran
yang dibuat dalam bentuk permainan. Game Bookwarm Deluxe ini merupakan
permainan mencari kata dalam bahasa inggris dengan menghubungkan huruf-huruf
yang telah diacak menjadi sebuah kata. Semakin panjang kata yang ditemukan maka
semakin besar nilai yang akan diperoleh begitu pula sebaliknya jika kata yang
ditemukan kecil maka nilainya pun kecil. Permainan mencari kata ini sangat baik
dimainkan disamping mendapat hiburan melepas kejenuhan, dengan bermain mencari
kata ini kita dapat menambah kosakata kita dalam bahasa inggris. Jadi,
disamping bermain kita pun dapat sambil belajar. Melatih kemampuan otak kita
secara aktif, memaksa otak dalam membuat keputusan dan memberikan tantangan.
Hal ini pun dapat membantu bagi anak yang malas membaca kamus bahasa inggris
dalam memperbanyak kosakata bahasa inggrisnya. Yang menjadikan game edukasi ini
lebih menyenangkan adalah dengan tampilannya yang lebih menarik dibandingkan
dengan tampilan kamus. Warna-warnanya yang menarik dengan gambar ulat yang
mengenakan kacamata dan dasi merahnya sebagai ikon dari game tersebut pastinya
membuat anak lebih bersemangat.
Pada
game bookworm inipun disebutkan pula kekurangannya bahwa penilaiannya (scoring)
masih tidak jelas dan akan sangat monoton jika dimainkan terus menerus.
Tidak hanya itu, bermain game pun bisa berdampak tidak baik buat anak,
bagaimanapun anak-anak tidak baik jika lebih banyak waktunya digunakan untuk
berada di depan layar monitor mereka untuk memainkan game ini, dikarenakan
kebiasaan anak lebih sering lupa waktu kalau sudah seperti itu. Selain mata
sebagai ancaman kesehatan, juga waktu yang dipergunakanpun menjadi tidak
optimal sehingga berakibat segala aktivitas anak lainnya menjadi tidak teratur.
Oleh sebab itu, dianjurkan sebaiknya walaupun game ini baik untuk pembelajaran
anak, orang tuapun harus tetap mengontrol waktu si anak agar segalanya tetap
berjalan dengan baik dan teratur sehingga fungsi daripada game edukasi ini
tidak berbalik menjadi hal yang negatif pada anak.
Game
ini mempunya hal positif diantaranya secara tak langsung game ini memaksa kita
untuk berfikir dan juga memecahkan suatu misi yang ada didalam game tersebut.
Sekali kita bisa memecahkan suatu misi pasti secara tidak langsung kita akan
mencoba lagi untuk memecahkan sebuah misi selanjutnya. Game ini sangat bagus
untuk anak-anak tak hanya itu, game ini sangat bermanfaat untuk melatih otak
kita. Tak hanya itu game ini pun sangat membantu untuk anak yang malas membaca
kamus bahasa inggris untuk dapat memperbanyak kosakata dalam bahasa inggris.
Sumber:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar